Solusi Persoalan Harddisk Tidak Terdeteksi Dikala Install Windows Xp

www.ngopimedia.com Ketika mau install ulang windows XP, namun tidak terdeteksi Hardisk pada dikala proses install. Hal ini niscaya sering anda temui. Namun tidak perlu panik alasannya Tidak ada problem di notebook dengan perkara menyerupai ini. Karena ‘biasanya’ setting default BIOS menempatkan setting harddisk di SATA mode dalam posisi AHCI. Sedangkan Windows XP belum sanggup membaca hardisk dalam mode ini (maklum lah sistem operasi ini sudah termasuk kategori lanjut usia). Namun Windows Vista dan Windows 7 sudah mendukung akomodasi ini, sehingga tidak ada problem dalam pembacaan hard disk.

Solusinya sangat mudah, ikuti saja langkah-langkah berikut ini :



  1. Masuk ke dalam setting BIOS, nyalakan / restart notebook, tekan f2 pada dikala booting.
  2. Ganti posisi SATA mode dari AHCI menjadi IDE (Cari-cari sendiri ya, opsinya berada di mana, alasannya tiap BIOS sanggup berbeda-beda. Untuk BIOS yang memakai InsydeH2O, pilihan ini berada pada tab main)
  3. Silahkan install Windows XP-nya


  4.   

Lalu muncul pertanyaan, lho sebelumnya sanggup kok Windows XP, bawaan notebook ini kan Windows XP. Makara mode SATA AHCI sanggup donk buat Windows XP. Ya, benar, memang bisa. Tetapi teman-teman harus meng-install drivernya terlebih dahulu. Biasanya Windows XP bawaan laptop terintegrasi dengan fitur ini

Lalu bagaimana caranya supaya di dalam Windows XP kita sanggup memakai SATA AHCI, biar menyerupai bawaan notebook-nya? Gampang…. download aja driver-nya. Biasanya driver sumbangan AHCI disediakan oleh si pembuat Notebook. Misalnya jikalau notebooknya ACER, masuk aja ke www.acer.co.id, terus masuk ke bab Service & Support, kemudian Driver Download. Pilih jenis notebooknya, sistem operasinya (tentu saja dalam perkara ini Microsoft Windows XP), kemudian pilih SATA AHCI driver.




Jika Merasa Artikel ini Bermanfaat, Mohon Tinggalkan Komentar Di bawah. Terima Kasih
.
 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel