Cara Membuat File Image Ghost Menggunakan Norton Ghost



www.ngopimedia.com - Cara Membuat File Image Ghost Menggunakan Norton Ghost, Nothon Ghost (General Hadware oriented system transfer) adalah salah satu utility(Fasilitas tambahan)untuk membackup atau merestore data hardisk ke hardisk atau media lain,sebenarnya seperti apakah norton ghost itu ??

Norton Ghost awalnya dikembangkan oleh Murray Haszard(New Zealand)pada tahun 1995 untuk binner penelitian, tekhnologi tersebut ditemukan pada tahun 1998 oleh Symantec.Ghost awalnya hanya mendukung ghost FAT(File allocaton Table) file system secara langsung, tetapi juga bisa menyalin (meskipun tidak mengubah ukuran) file system lain dengan melakukan salinan sector.Ghost menambahkan dukungan untuk file system NTFS(new tehnology file system), dan juga menambahkan dukungan untuk file system EXT2 ditahun 1999 kemudian EXT3, Ghost memiliki fitur kompatibel dengan hadware terbaru, seperti kemammpuan untuk mengcopy pada sata device serta tambahan untuk melakukan backup atatu restore.

jika anda memiliki sebuah komputer dengan windows 7 lengkap dengan aplikasi dan drivernya, nah suatu ketika OS tersebut terkena virus dan harus diinstal ulang menggunakan cd OS yang membutuhkan waktu yang sangat lama, jika kita membuat backupan atau salinan system kita maka hal tersebut tidak perlu dilakukan(menginstal OS dengan CD), kita hanya perlu merestore file ghost hasil bakupan yang telah dibuat ke hardisk dan tidak usah menginstalkan aplikasi atau drivernya lagi, jadi sebelum terkena virus harus dibuat salinannya dulu alias setelah anda menginstal OS via CD beserta aplikasi dan drivernya, anda langsung membuat file image ghostnya.

Nah gimana sekarang jika file ghost tadi diinstalkan ke PC lain ? bisa atau tidak ? tentu saja bisa atau bisa tidak, Bisa !! jika spesifikasi computer sama atau hampir mirip, Tidak !! jika spesifikasi computer tidak sama, terkecuali anda hanya backup systemnya saja alias backup OS nya saja tanpa instal driver, maka bisa direstore dikomputer mana saja asalkan support WINDOS XP, terus gimana cara buat file ghost yang bisa dipakai/direstore ke banyak computer ?? yang perlu anda lakukan adalah ketika anda sudah selesai instal OS melalui Cd/Flasdisk/Hardisk, maka langsung buat saja file ghostnya atau bisa menginstal aplikasi terlebih dahulu kemudian file ghostnya. Oke penjelasannya sudah cukup, mari kita belajar cara membuat file image ghost.

1. Siapkan Cd Hiren’s Boot CD kalian dapat mendownload nya

untuk versi lain nya


karena didalamnya telah diincludkan Northon Ghost atau anda siapkan cd Ghostnya saja, tapi disini saya menggunakan Hiren’s Boot Cd versi 10.5 diamana Os yang akan dibackup adalah  windows 7

2. Masukan Cd Hiren’s Cd, atur booting awal di Cd kemudian tunggu sampai muncul menu di Hiren’s, pilih menu mini windows Xp karena menurut saya lebih mudah.

3. Setelah itu Pilih HBCD -  Pilih Menu  - kemudian pilih Backup - dan pilih Ghost32*
untuk contohnya ikuti seperti gambar di bawah ini

Gambar Hirent bootcd Menu 1

4. Pilih Ok, atau tekan enter


5. pada langkah ini kita akan memilih perintah ghost
a.Local > Disk > To Disk
artinya Kloning dari hardisk ke hardisk, backup atau restore semua isi hardisk 1 ke hardisk 2 yang mana semua akan ke cloning persis seperti isi yang ada di hardisk 1 atau master

b.Local > Disk > To Image
artinya Digunakan untuk membuat  sebuah file image dari hardisk kedalam image atau file yang berekstensi.GHO, perintah ini akan membackup semua file dan system yang ada di Hardisk yang menjadi master.

c.Local > Disk > From Image
artinya perintah ini digunakan untuk restore dari sebuah file image berkestensi GHO partisi hardisk, biasanya ,ini hanya akan menimpah partisi system tidak akan menghapus data di Drive D atau Drive lain nya jika penggunaannya benar. 

d.Local > Partition > To Partition
artinya perintah ini digunakn untuk backup atau merestore dari partisi ke salah satu partisi dalam satu hardisk (kloning dari satu partisi ke partisi lain)

e.Local > Partition > To Image
artinya perintah ini digunakan untuk membuat file image dari salah satu partisi didalam hardisk, perintah ini berbeda dengan  perintah B, dimana yang di backup hanya partisi tertentu.

f.Local > Partition > From Image
artinya perintah ini digunakan untuk  merestore file image ke salah satu partisi didalam hardisk

Setelah mengenal tentang menu dari Northon Ghost secara detail, mari kita kembalikan ke pokok pembahasan yaitu tentang bagaimana proses pembuatan file image Ghost.

sebagai contoh kita akan mencoba menggunakan perintah Local > Partition > To Image.


Pilih local drive atau resource yang akan dibuat file image, kemudian klik OK



7. langkah selanjutnya pilih partisi dari local drive yang telah dipilih tadi, dalam pembahasan kali ini yang dipilih adalah partisi dengan jenis file system NTFS, pilih primary E: dimana partisi tersebut berisi file system dari OS windows 7, pokonya anda harus tahu dimana letak drive/partisi yang berisi file/tersimpan OS.


8. Selanjutnya simpan file image tersebut disalah satu partisi atau Local drive, kemudian pilih save.


9. Pilih High dan tekan enter


10. Tunggu sampai proses ini selesai, Proses ini akan memakan waktu yang lama tergantung dari besarnya partisi yang dijadikan file image.



11. Jika proses selesai, maka akan ada pesan yang muncul, Pilih continue.


12. Sekarang cek, apakah file image tersebut ada di local drive yang dijadikan tempat penyimpanan file ghost tersebut ? jika ada berarti proses pembuatan file image telah berhasil.


selain untuk membuat file images dan restore Hirens Bootcd juga memiliki banyak sekali manfaat, salah satunya untuk membackup atau mengkopi file yang ada di Drive C jika system komputer kita rusak atau akan di instal ulang namun belum sempat memindahkan data yang ada di Drive C.

Demikian artikel tentang Cara Membuat File Image Ghost Menggunakan Norton Ghost. jika artikel ini bermanfaat   untuk para pembaca jangan lupa share ke sosial media kamu agar teman2 yang lain bisa membaca nya. dan bisa memberikan manfaat kepada teman-teman yang lain
Jangan Lupa Like ya


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel