Modus Penipuan Berkedok Cek Resi Paket, Begini Alur Pengambilan Saldo dan Cara Mengatasinya


NGOPIMEDIA.COM - Seorang pengguna Facebook bernama Asmina Az membagikan cerita bahwa ada modus penipuan baru. Ia menyebutkan, penipuan ini bisa membuat rekening seketika langsung terkuras habis.

Melalui foto yang diunggah pada 24 November 2022, Asmina mengatakan seorang temannya baru saja menjadi korban penipuan. Kejadian ini bermula dari sebuah pesan WhatsApp dari nomor yang tidak dikenal.

Nomor tersebut mengaku dirinya merupakan kurir salah satu ekspedisi. Pelaku yang mengaku sebagai kurir tersebut kemudian menginformasikan bahwa ada paket atas nama korban.

“Ini kejadian hari ini jam dua rekening BRI teman saya habis dikuras oleh oknum tidak bertanggung jawab. Ini sepertinya modus penipuan terbaru mengatasnamakan kurir bahwa ada pesanan yang tiba,” ungkap Asmina dalam status yang ia unggah.

Pelaku kemudian mengirim sebuah berkas bernama “Cek Resi J&T” dengan format .apk yang biasanya identik dengan format berkas aplikasi android. Setelah mengirim berkas itu, pelaku meminta korban untuk melakukan cek resi.

“Mereka akan telepon dan infokan untuk silakan lihat resi pengiriman,” tulis Asmina.

Status yang ditulis Asmina saat ini telah dibagikan lebih dari lima puluh ribu kali dan mendapat lebih dari seribu komentar. Seorang pengguna Facebook lain bernama Thitin berkomentar bahwa dirinya hampir menjadi korban penipuan serupa.

“Sama aku juga tapi tidak sampai kena sih. Sudah aku blok,” ujarnya.

Pengguna Facebook bernama Sylngg turut menceritakan pengalaman seorang temannya yang tertipu dengan modus serupa.

Setelah menginstall file .apk yang dikirim, ia diminta untuk memasukkan informasi rekening bank yang digunakan.

“Ya sebenarnya sih mak (ibu) teman gue yang pencet tuh .apk pasti kena lah, minta masukin rekening gituan,” ujarnya.

Perlu diketahui, resi pengiriman dari ekspedisi mana pun tak ada yang berformat .apk. Untuk mengecek resi pengiriman paket bisa diakukan di website resmi ekspedisi yang bersangkutan.

Jika ada nomor tak dikenal mengirim link atau file yang mencurigakan lebih baik tidak usah disentuh/klik.

Jika sudah terlanjur membuka link aplikasi tersebut, segera matikan paket data atau reset handphone dengan mode setelan pabrik.

Membuka link dan menginstall aplikasi secara sembarangan dapat membahayakan data-data yang ada di dalam perangkat.

Kemudian yang tidak kalah penting, jangan pernah memberikan informasi penting seperti pin atm, password, dan kode OTP ke orang yang tidak dikenal.

Jangan pula sembarangan mengisi data di aplikasi dan link yang mencurigakan.


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url

Dapatkan Update Terbaru dari kami dengan Follow Google Berita kami , Anda dapat membantu kami mengembangkan situs ini dengan berdonasi DISINI, Berapapun Donasi Anda sangat berguna bagi kelangsungan situs ini.